Human Stem Cell Applications

Human Stem Cell Applications

Human Stem Cell Applications

Stem cell adalah sel yang belum berubah bentuk menjadi  jaringan (terspesialisasi), dan memiliki potensi untuk melakukan perkembangan sel menjadi bentuk yang khusus sehingga terjadi berbagai macam bentuk sel (berdiferensiasi) dan menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak atau lepas (beregenerasi). Dalam bahasa Indonesia stem cell disebut juga sel punca.

Stem cell merupakan pencerahan dalam dunia medis. Karena keunikannya, stem cell diyakini dapat memberi jalan keluar untuk penyakit-penyakit degeneratif (penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau penghacuran terhadap jaringan atau organ tubuh) seperti, Infark Jantung, Diabetes Melitus, Parkinson, dll. Penyakit--penyakit tersebut disebabkan oleh kerusakan sel yang menyusun jaringan atau organ, sehingga organ tersebut tidak lagi berfungsi sesuai kebutuhan tubuh. Pengobatan yang ada sekarang hanya memperlambat proses atau mencegah kerusakan yang lebih luas, namun tidak dapat menyembuhkan atau menggantikan sel yang telah mati atau rusak. Sel-sel yang telah mati harus diganti dengan sel baru yang berfungsi optimal. Disinilah peran stem cell.

Jenis - Jenis Stem Cell

  • Stem cell embrionik
    Stem cell ini berasal dari inner cell mass pada struktur yang terbentuk pada tahap awal gestasivertebrata (blastocyst). Embryonic sel punca biasanya didapatkan dari sisa embrio yang tidak terpakai pada fertilisasi in vitro. Saat ini telah dikembangkan teknik pengambilan embryonic stem cell yang tidak membahayakan embrio tersebut, sehingga dapat terus hidup dan bertumbuh.
  • Stem cell dewasa
    Stem cell dewasa mempunyai sifat plastis, artinya selain berdiferensiasi menjadi sel yang sesuai dengan jaringan asalnya, juga dapat berdiferensiasi menjadi sel jaringan lain.  Stem cell dewasa bertugas menjaga dan memperbaiki jaringan, regenerasi jaringan tempatnya berada. Saat ini hampir semua jaringan tubuh diketahui mengandung stem cell dewasa. Mereka tinggal di area spesifik yang disebut stem cell niche.
Karakteristik Stem Cell

  • Undifferentiated
    Stem cell belum berdiferensiasi, belum memliki bentuk dan fungsi yang khusus, belum dapat menjalankan fungsi dari suatu organ tertentu. Stem cell mempunyai karakteristik yang berbeda dengan sel tubuh yang sudah matang, stem cell merupakan sel yang berada pada stadium awal perkembangan sel, belum mempunyai bentuk dan fungsi yang khusus. Dalam hal ini stem cell mampu berkembang menjadi berbagai jenis sel matang, misalnya sel saraf, sel otot jantung, sel otot rangka, sel pankreas, dan lain-lain.
  • Self Renewal
    Adalah kemampuan stem cell untuk meregenerasi dirinya sendiri. Stem cell dapat memperbanyak diri, melakukan replikasi dan menghasilkan sel-sel berkarakteristik sama dengan sel induknya. Kemampuan membelah ini dapat dilakukan berulang kali, bahkan diduga tak terbatas.

APLIKASI TERAPI STEM CELL

  • Pengobatan Infark Jantung
    Pengobatan infark jantung dapat menggunakan stem cell sumsum tulang yang beredar dalam darah tepi dan stem cell yang sudah berada di jantung, sehingga akan menuju ke darah infark. Karena jumlah stem cell endogen masih belum mencukupi kebutuhan yang diperlukan, maka diperlukan bantuan stem cell dari luar yang berasal dari sumsum tulang atau tali pusat.
  • Pengobatan Diabetes Tipe I
    Pada diabetes tipe I, sel pankreas yang mensekresi insulin mengalami kerusakan oleh faktor genetik, lingkungan dan imunologik, sehingga terjadi kekurangan insulin dan menyebabkan kadar gula dalam darah lebih tinggi dari nilai normal. Transplantasi seluruh organ pankreas mayat dapat menyembuhkan penderita, namun jumlah mayat yang ada sangat sedikit dan perlu terapi imunosupresi untuk mencegah respon imun sehingga menimbulkan banyak efek samping. Hal ini dapat diatasi dengan transplantasi stem cell.
  • Pengobatan Penyakit Parkinson
    Salah satu sumber alternatif sel untuk pengobatan penyakit Parkinson adalah menggunakan stem cell dewasa yang berasal dari sumsum tulang belakang untuk menggantikan sel-sel syaraf otak yang rusak.

0 Response to "Human Stem Cell Applications"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel