RPP Biologi Kelas 12 SMA kurikulum 2013 Revisi 2017

saripati.id
RPP Biologi Kelas 12 SMA kurikulum 2013 Revisi 2017

Biologi.guruindonesia.id - RPP Biologi Revisi 2017 - RPP Biologi Kelas 12 SMA kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester :XII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu :12 JP (3 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
Kompetensi inti 3 (Pengetahuan)
3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi inti 4 (Keterampilan)
4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) 
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menjelaskan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
4.1 Menyusun laporan hasil percobaan tentang pengaruh faktor eksternal terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
3.1.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
3.1.3 Menjelaskan tentang pertumbuhan dan perkembangan pada hewan
3.1.4 Menjelaskan tentang pengertian fase embrionik
3.1.5 Menjelaskan tentang pengertian fase pascaembrionik
3.1.6 Menjelaskan tentang pengertian metamorfosis dan metagenesis 
3.1.7 Menjelaskan tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia
4.1.1 Merancang percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan dan perkembangan 
4.1.2 Melakukan percobaan tentang faktor eksternal yang memengaruhi faktor internal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar

C. Tujuan Pembelajaran 
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
(-) Mampu memahami proses pertumbuhan dan perkembangantumbuhan dan mengaplikasikannya dalam pengamatanpertumbuhan dan perkembangan
(-) Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
(-) Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor eksternal yang memengaruhi faktor internal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran Reguler 
1. Pertumbuhan dan Perkembangan
• Konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
• Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. 
• Desain penelitian

E. Metode Pembelajaran 
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Diskusi, penugasan 

F. Media Pembelajaran 
1. Media LCD projector, 
2. Laptop, 
3. Bahan Tayang

G. Sumber Belajar 
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet, 
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran 
kegiatan pendahuluan
kegiatan inti
kegiatan penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
(-) Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
(-) Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
(-) Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
(-) Laporan tertulis individu/ kelompok 
3) Produk, 
2. Instrumen Penilaian
1. Pertemuan Pertama (Terlampir)
2. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. Pertemuan Ketiga (Terlampir)

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya 
  • Pengaruh Air terhadap Proses Perkecambahan
Untuk mendapatkan RPP Biologi Kelas 12 SMA kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) 👉 ( Download ) 👈 Perangkat Pembelajaran Biologi Kelas 12 SMA kurikulum 2013 Revisi 2017
untuk mendapatkan kelengkapanya 👉 Disini 👈

0 Response to "RPP Biologi Kelas 12 SMA kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel