RPP Biologi Kelas 10 SMT Genap SMA kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019

https://biologi.guruindonesia.id/
RPP Biologi Kelas 10 SMT Genap SMA kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019

Biologi.guruindonesia.id - RPP Biologi Revisi 2017 - RPP Biologi Kelas 10 SMT Genap SMA kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester :X/Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu :12 JP (4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
Kompetensi inti 3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi inti 4 (Keterampilan)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) 
3.7 Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan
3.7.1 Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam Kingdom Fungi.
3.7.2 Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi.
3.7.3 Mendeskripsikan struktur tubuh jamur dari berbagai golongan.
3.7.4 Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfologinya
3.7.5 Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur.
3.7.6 Membedakan spora vegetatif dan generatif berbagai golongan jamur.
4.7 Menyajikan laporan hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam kehidupan
4.7.1 Membuat charta siklus hidup jamur dari berbagai golongan.
4.7.2 Membuat laporan tertulis hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitarnya (dengan foto/gambarnya).
4.7.3 Menyajikan data contoh peran jamur bagi kehidupan.
4.7.4 Membuat makanan dari hasil fermentasi jamur.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan jamur berdasarkanciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran Reguler
1. Fungi/Jamur
• Ciri-ciri kelompok jamur : morfologi, cara memperoleh nutrisi, reproduksi
• Pengelompokan jamur
• Peran jamur dalam bidang ekologi, ekonomi, kesehatan, dan pengembangan iptek


E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Diskusi, penugasan 


F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector, 
2. Laptop, 
3. Bahan Tayang


G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Modul/bahan ajar,
4. Internet, 
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
(-)Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
(-)Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
(-)Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
(-)Laporan tertulis individu/ kelompok 
3) Produk, 
2. Instrumen Penilaian
1. Pertemuan Pertama (Terlampir)
2. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. Pertemuan Ketiga (Terlampir)

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Membedakan spora vegetatif dan generatif berbagai golongan jamur.
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya 
  • Membuat makanan dari hasil fermentasi jamur
Untuk mendapatkan RPP Biologi Kelas 10 SMT SMA kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) 👉 ( Download ) 👈 Perangkat Pembelajaran Biologi Kelas 12 SMA kurikulum 2013 Revisi 2017
untuk mendapatkan kelengkapanya 👉 Disini 👈

0 Response to "RPP Biologi Kelas 10 SMT Genap SMA kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel