Mendikbud Janji Akan Segera Realisasikan UPAH Guru HONORER Sesuai UMK Ditahun 2019

https://biologi.guruindonesia.id/
Mendikbud Janji Akan Segera Realisasikan
UPAH Guru HONORER Ssesuai UMK Ditahun 2019
Biologi.guruindonesia.id Salam hangat selalu untuk kita semua, berikut informasi terupdate tentang Mendikbud Janji Akan Segera Realisasikan UPAH Guru HONORER Ssesuai UMK Ditahun 2019

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy Berjanji Akan Segera Realisasikan UPAH Guru HONORER Ssesuai UMK Ditahun 2019

"Kepada bu Sri Mulyani (Menkeu) sudah saya sampaikan, sekarang sedang dalam tahap pematangan saja," kata Muhadjir saat berkunjung ke Malang, Senin (4/2/2019).

Ia mengatakan, dana yang digunakan untuk memberikan gaji kepada guru honorer sesuai UMK akan diambil dari dana alokasi umum (DAU).

Hal ini dilakukan agar tidak membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan akan diberlakukan mulai 2019.

"Kita mulai bertahap dan insyaAllah selesai pada 2023," katanya.
Muhadjir menambahkan, sangat mungkin nantinya gaji guru honorer bisa diatas UMK.

Sebab, nantinya APBD berkewajiban menganggarkan dana yang bisa digunakan untuk insentif pada guru honorer.

"Agar APBD tidak terbebani maka kita ambil dari DAU. Jadi APBD untuk insentif saja. Jadi nanti gajinya bisa diatas UMK," pungkasnya.

Muhadjir mengatakan definisi honorer sebagai guru pengganti untuk guru yang pensiun (guru pengganti pensiun). Selama ini tunjangan yang diberikan untuk mereka diambil dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). 

Oleh karena itu, gaji yang diterima tidak banyak karena, menurut peraturan, juga dibatasi sehingga bisa dipastikan, jika guru pengganti tidak mendapatkan tambahan dari pemerintah daerah setempat, gaji yang akan diterima kecil. 

"Maka kita usahakan tahun depan status upah guru pengganti pensiun (honorer) itu minimal sama dengan upah minimum regional (UMR) masing-masing," tambah Muhadjir.

Menurutnya, hal tersebut yang sedang dipersiapkan. Kemendikbud juga sedang mencarikan jalan keluar terkait dengan hambatan regulasi bagi guru honorer untuk bisa menjadi aparat pegawai sipil negara. Kemendikbud, katanya, juga sedang berupaya mencarikan jalan agar para guru pengganti pensiun mendapatkan perlakuan terhormat sebagai seorang guru

Hingga saat ini, pihak Kemendikbud masih mendata ulang guru honorer dan data UMR di tiap-tiap daerah. Dia berharap nantinya akan ada kesepakatan mengenai guru yang termasuk ke kategori guru honorer.

"Ini ada kesepakatan juga oleh pak Dirjen, jadi Pak Dirjen aja yang tahu (spesifikasi guru honorer). Ya seperti yang saya bilang, jika ada guru yang mengajar satu mata pelajaran seminggu, dan tidak pernah berada di sekolah terus-menerus, dan setelah mengajar pergi dan mengerjakan pekerjaan lain, maka ia bukan guru honorer," terang Muhadjir.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia Unifah Rosyidi menanggapi positif hal tersebut. Ia merasa senang dan hal itu bisa menjadi hadiah saat Hari Guru Nasional nantinya.

"Mudah-mudahan ini menjadi kado Hari Guru Nasional yang bertepatan dengan hari ulang tahun guru nasional," ujarnya.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Tetap kunjungi situs kami di untuk mempebarui informasi anda .Kami akan senantiasa memberikan berita terbaru, teraktual, terpopuler, yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda.

Sumber =merdeka.com

0 Response to "Mendikbud Janji Akan Segera Realisasikan UPAH Guru HONORER Sesuai UMK Ditahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel