Instrumen Penilaian Biologi Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://biologi.guruindonesia.id/
Instrumen Penilaian Biologi Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Biologi.guruindonesia.id Salam hangat Guru Indonesia, semoga selalu diberikan kesehatan, kesuksesan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan ini saya berbagi informasi terkait Instrumen Penilaian Biologi Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Penilaian kompetensi sikap berkaitan dengan perasaan (suka atau tidak suka) yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perubahan perilaku atau tindakan yang diharapkan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menilai sikap peserta didik, antara lain melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya,dan penilaian jurnal. Instrumen yang digunakan antara lain daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik, yang hasil akhirnya dihitung berdasarkan modus

A. Observasi
Sikap dan perilaku keseharian peserta didik direkam melalui pengamatan dengan menggunakan format yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati, baik yang terkait dengan mata pelajaran maupun secara umum. Pengamatan terhadap sikap dan perilaku yang terkait dengan mata pelajaran dilakukan oleh guru yang bersangkutan selama proses pembelajaran berlangsung, seperti: ketekunan belajar, percaya diri, rasa ingin tahu, kerajinan, kerjasama, kejujuran, disiplin, peduli lingkungan, dan selama peserta didik berada di sekolah atau bahkan di luar sekolah selama perilakunya dapat diamati guru. Aspek penilaian sikap dapat dilihat pada kompetensi dasar yang tercakup dalam kompetensi spriritual dan sosial.

B. Penilaian Diri (self assessment)
Penilaian diri digunakan untuk memberikan penguatan (reinforcement) terhadap kemajuan proses belajar peserta didik. Penilaian diri berperan penting bersamaan dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru ke Ilmu Pengetahuan Alam 69 peserta didik yang didasarkan pada konsep belajar mandiri (autonomouslearning). Untuk menghilangkan kecenderungan peserta didik menilai diri terlalu tinggi dan subyektif, penilaian diri dilakukan berdasarkan kriteria yang jelas dan objektif. Untuk itu penilaian diri oleh peserta didik di kelas perlu dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut.
  • Menjelaskan kepada peserta didik tujuan penilaian diri.
  • Menentukan kompetensi yang akan dinilai.
  • Menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan.
  • Merumuskan format penilaian, dapat berupa daftar tanda cek atau skala penilaian.
C. Penilaian Teman Sebaya (peer assessment)
Penilaian teman sebaya atau antar peserta didik merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan antar peserta didik. Penilaian teman sebaya dilakukan oleh peserta didik terhadap 3 (tiga) teman sekelas atau sebaliknya. Format yang digunakan untuk penilaian sejawat dapat menggunakan format seperti contoh pada penilaian diri.

D. Penilaian Jurnal (anecdotal record)
Jurnal merupakan kumpulan rekaman catatan guru dan/atau tenaga kependidikan di lingkungan sekolah tentang sikap dan perilaku positif atau negatif, selama dan di luar proses pembelajaran mata pelajaran.

Instrumen Penilaian Biologi Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 merupakan salah satu kelengkapan dari Perangkat Pembelajaran yang sudah terintegrasi dengan Kemampuan Abad 21, Literasi, Pendidikan Karakter dan 4C (COMMUNICATION, COLLABORATIVE, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY).

Untuk mendapatkan Instrumen - Instrumen Penilaian Biologi Kelas 12 SMA kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 lainya 👉 ( Download ) 👈 Instrumen Penilaian Biologi Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
untuk mendapatkan kelengkapan lainya 👉 Disini 👈

0 Response to "Instrumen Penilaian Biologi Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel