10 Skill yang Harus Dimiliki untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

https://biologi.guruindonesia.id/
10 Skill yang Harus Dimiliki untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Seiring dengan dunia yang memasuki revolusi industri 4.0, maka pemanfaatan robot dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam segala lini produksi akan semakin tampak lumrah...!! 

Pernah membayangkan dunia dipenuhi dengan robot yang canggih? Kemudian ada transportasi otomatis dan artificial intelligence juga. Keren ya. Diperkirakan pada tahun 2020, Revolusi Industri yang keempat akan membawa kita pada dunia baru tersebut. Mengutip hasil Forum Internasional tahunan yang bertemakan “Mastering the Fourth Industrial Revolution” pada 2016 lalu, Revolusi Industri 4.0 ini akan menyebabkan disrupsi atau gangguan bukan hanya di bidang bisnis saja, namun juga pada pasar tenaga kerja. Dengan semua perubahan tersebut, maka jangan heran jika nantinya ada banyak jenis pekerjaan yang hilang dan akan digantikan oleh jenis pekerjaan baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya Perubahan yang menjadi bawaan Revolusi Industri 4.0 ini tentu menuntut skill atau kemampuan yang selaras dan mumpuni. Apa saja sih skill yang dibutuhkan untuk menghadapi era baru tersebut? Nah, coba simak 10 skill berikut ini yang bisa menjadi strategi kamu nantinya...

Revolusi industri

  1. Complex problem solving 
    pemecahan masalah yang komplek Complex problem solving maksudnya merupakan sebuah kemampuan menyelesaikan masalah dengan melakukan identifikasi, menyeleksi informasi terkait masalah tersebut, menentukan opsi solusi lalu mengevaluasinya, dan melaksanakan opsi sebagai solusi dalam mengatasi masalah tersebut.
  2. Critical thinking 
    berpikir kritis Kemampuan berpikir kritis dan memberi feedback yang disertai alasan logis.
  3. Creativity kreativitas
    Kemampuan untuk menemukan sesuatu yang unik dan original. Tidak harus benar-benar baru, namun bisa pula dengan mengembangkan apa yang sudah ada.
  4. People management 
    manajemen manusia Kemampuan untuk mengatur, yang bisa juga disebut leadership.
  5. Coordinating with other 
    berkoordinasi dengan orang lain Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain, baik di dalam maupun luar tim.
  6. Emotion intelligence 
    kecerdasan emosional Kemampuan mengatur emosi. Dalam hal ini, termasuk pula kemampuan untuk mengidentifikasi, mengelola serta memanfaatkan emosi.
  7. Judgment and decision making
    penilaian dan pengambilan keputusan Kemampuan untuk mengambil keputusan dalam kondisi apapun, termasuk ketika sedang berada di bawah tekanan.
  8. Service orientation
    berorientasi servis Kemampuan untuk ‘melayani’, baik untuk perusahaan atau pelanggan tanpa mengharapkan penghargaan semata.
  9. Negotiation 
    negosiasi Kemampuan untuk melakukan negosiasi dalam aspek pekerjaan, walau sulit dilakukan. 
  10. Cognitive flexibility
    fleksibilitas pengetahuan Kemampuan untuk switch atau pengalihan dalam berpikir sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Itu tadi beberapa kemampuan yang perlu kamu miliki saat akan menghadapi era revolusi. Oh ya, kemampuan beradaptasi juga perlu ditingkatkan lho untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 karena perubahan yang begitu cepat memang tak bisa dihindari. Semoga bisa terus meningkatkan kemampuan kita semua menuju Era Revolusi Industri 4.0 ,

0 Response to "10 Skill yang Harus Dimiliki untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel