RPP Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://biologi.guruindonesia.id/
RPP Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP K13 Revisi 2018 - RPP Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester :X/Ganjil 
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 9 JP (3 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja
3.1.1 Menjelaskan karakteristik umum sains.
3.1.2 Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.

3.1.3 Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.

3.1.4 Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah. 
3.1.5 Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
3.1.6 Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi. 
3.1.7 Menganalisis pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah
3.1.8 Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.
3.1.9 Menjelaskan data yang terdapat dalam gambar setiap tingkat organisasi kehidupan

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.1 Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
4.1.1 Mempresentasikan berbagai cabang biologi
4.1.2 Mempresentasikan tentang Metoda ilmiah

4.1.3 Mempresentasikan tentang prinsip keselamatan kerja

4.1.4 Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi.
4.1.5 Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.
Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah. 

Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi

Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran Reguler
1. Ruang Lingkup Biologi

-Permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
-Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
-Manfaat mempelajari Biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban bangsa
-Metode Ilmiah-Keselamatan Kerja

E. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific Learning

2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Diskusi, penugasan 

F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector, 
2. Laptop, 
3. Bahan Tayang

G. Sumber Belajar

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet, 
5 Sumber lain yang relevan

Untuk mendapatkan RPP Bahasa Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini

0 Response to "RPP Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel