Jenis Dan Dampak Negatif Limbah Rumah Tangga

Limbah Rumah Tangga
Banyak cara untuk men­ce­gah dam­pak buruk dari limbah rumah tang­ga bagi lingkungan di antaranya yaitu tidak membuang sampah ke bak cuci piring terlebih sisa minyak go­reng, memasang alat penyaring sam­pah pada bak cuci piring dan saluran air di kamar mandi, mem­per­hatikan aliran air ke saluran buangan, mem­buat saluran air kotor dan bak pere­sap­an, mendaur ulang sampah con­toh­nya mengubah botol men­jadi pot bunga, pemisahan sampah se­hing­ga dapat dijual dan bernilai eko­nomi mi­sal­nya kertas dengan kertas dan plas­tik dengan plastik, dan pengomposan untuk mem­ban­tu kesuburan tanaman di halaman serta memperbaiki struk­tur tanah.

https://biologi.guruindonesia.id/
Tumpukan sampah

A. Jenis Limbah Rumah Tangga.
Sampah rumah tangga akan berubah menjadi limbah yang sangat berbahaya jika sampah rumah tangga tersebut dibuang di sembarang tempat atau tidak diolah dengan benar. Ada dua jenis dari limbah rumah tangga yang kita bisa temukan.

1. Pertama anda bisa menemukan limbah rumah tangga yang bentuknya cair. Limbah ini biasanya didapatkan dari perumahan, perkantoran, rumah sakit, tempat-tempat umum, hotel atau tempat lainnya. Seperti namanya limbah ini bentuknya adalah cairan. Cairan ini banyak ditemukan dibuang di sembarang tempat seperti sungai, selokan dan lain sebagainya.

2. Kedua, limbah rumah tangga dengan bentuk padat. Limbah yang bentuknya padat ini juga bisa ditemukan dari perumahan, pusat-pusat perdagangan, hotel, rumah sakit, dan lain sebagainya. Limbah ini biasanya berupa besi, pecahan kaca, botol, plastik dan lain sebagainya.


https://biologi.guruindonesia.id/
Dampak Limbah Rumah Tangga
B.Dampak Negatif Limbah Rumah Tangga.
Kalian harus mengetahui beberapa bahaya dari limbah rumah tangga agar lingkungan kita tidak terlalu lama tercemar dengan sampah dan kita akan bisa mendapatkan lingkungan hidup yang jauh lebih baik. Berikut ini adalah beberapa dampak dari limbah rumah tangga yang bisa kita temukan saat ini.

1. Pertama, dampak dari limbah rumah tangga cair dari berbagai tempat misalnya dari limbah pupuk pertanian, limbah rumah sakit, detergen dari perumahan yang bermuara ke laut atau sungai akan mencemari air di sungai. 

2. Kedua, dampak dari sampah rumah tangga padat misalnya plastik akan bisa mencemari tanah dan juga sungai. Seperti yang kita telah ketahui plastik memang tidak bisa terurai dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. Saluran sungai akan tersumbat dengan plastik dan akhirnya menyebabkan banjir. Plastik yang termakan oleh hewan akan menyebabkan hewan menjadi mati.

(-)Kita sebagai manusia harus bisa mengurangi dampak negatif dari limbah rumah tangga tersebut. Apa yang sebaiknya kita lakukan untuk mengurangi Dampak negatif limbah rumah tangga tersebut? Kita bisa menerapkan 3M untuk sampah-sampah plastik.

1. Pertama anda bisa mengurangi penggunaan plastik. Ketika anda berbelanja, anda bisa menggunakan tas dari kain atau dari bahan kertas. Ini akan membuat anda mengurangi jumlah sampah plastik di lingkungan kita.

2. Kedua, anda bisa menggunakan kembali plastik yang masih bisa digunakan. Artinya, ketika kita berbelanja dengan satu kantong plastik dan plastik tersebut belum rusak, anda bisa menggunakan kantong plastik tersebut kembali.

3. Ketiga, anda bisa mendaur-ulang sampah yang tidak bisa didaur ulang secara alami untuk mengurangi dampak limbah rumah tangga. Sampah plastik bisa didaur ulang dan dibuat seperti kerajinan tangan, dompet, tas, dan beberapa hiasan untuk di rumah. Beberapa orang telah mendaurulang sampah plastik dan akhirnya sampah bisa menghasilkan uang tambahan juga.

0 Response to "Jenis Dan Dampak Negatif Limbah Rumah Tangga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel