Pengertian jenis dan Karakteristik limbah

https://biologi.guruindonesia.id/
Biologi Agribisnis Mengenai Pengertian Limbah

Setelah mempelajari materi bab ini, kalian diharapkan dapat memahami tentang berbagai macam limbah dikaitkan dengan aktifitas ( tumbuhan, hewan dan manusia ) dan pengelolaannya, serta melakukan pemecahan masalah lingkungan yang berkaitan dengan limbah melalui proses 3R (Reuse, Reduse, Recicle )

A. Pengertian Limbah 
Sebagian besar kegiatan manusia selalu menyisakan bahan-bahan yang biasa kita sebut limbah. Limbah adalah bahan buangan tidak terpakai yang berdampak negatif terhadap masyarakat jika tidak dikelola dengan baik. Limbah adalah sisa produksi, baik dari alam maupun hasil dari kegiatan manusia Beberapa pengertian tentang limbah :
• Berdasarkan keputusan Menperindag RI No. 231/MPP/Kep/7/1997 Pasal I tentang prosedur impor limbah0
• ++++, menyatakan bahwa limbah adalah bahan/barang sisa atau bekas dari suatu kegiatan atau proses produksi yang fungsinya sudah berubah dari aslinya.
• Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 18/1999 Jo.PP 85/1999, limbah didefinisikan sebagai sisa atau buangan dari suatu usaha dan/atau kegiatan manusia. Berdasarkan wujudnya, limbah dapat dikategorikan menjadi :

1. Limbah Padat 
Limbah padat berasal dari kegiatan industri maupun domestik. Pada umumnya, limbah domestik berbentuk limbah padat rumah tangga, limbah padat kegiatan perdagangan, perkantoran, perternakan, pertanian, serta dari tempat-tempat umum. Limbah padat atau biasa disebut sampah merupakan limbah terbanyak yang ada di lingkungan. Istilah sampah diberikan kepada barang-barang atau bahan-bahan buangan rumah tangga atau pabrik yang tidak digunakan lagi atau tidak terpakai dalam bentuk padat. Limbah tidak hanya dihasilkan oleh kegiatan- kegiatan skala besar, seperti oleh industri tekstil dan industri kayu lapis, tetapi juga dihasilkan oleh kegiatan seharihari, seperti makan, minum, dan mencuci. Beberapa contoh limbah padat, yaitu kertas, kayu, kain, karet, kulit tiruan, plastik, logam, dan kaca. 

2. Limbah Cair
Menurut PP No. 82 Tahun 2001, limbah cair adalah sisa dari suatu hasil usaha atau kegiatan yang berwujud cair. Jenis-jenis limbah cair dapat digolongkan berdasarkan sifatnya, yaitu fisika dan sifat agregat, parameter logam, anorganik nonmetalik, organik agregat, dan mikroorganisme. 

3. Limbah gas
Jenis limbah gas yang berada di udara terdiri atas bermacam-macam senyawa kimia. Misalnya, karbon monoksida, karbon dioksida, nitrogen oksida, sulfur dioksida, asam klorida, amonia, metan, dan klorin Sumber Limbah atau Sampah Jika berdasarkan sumbernya, limbah dikelompokkan menjadi 3, yaitu:

A.Limbah Pabrik
Limbah pabrik dapat dikategorikan sebagai limbah yang berbahaya karena mempunyai kadar gas yang bersifat racun. Dampak Pencemaran Limbah Pabrik Apabila limbah seperti ini dibuang ke sungaisungai di sekitar tempat tinggal masyarakat, maka sungai akan tercemari. Padahal masih banyak masyarakat menggunakan air sungai untuk kegiatan sehari-hari, sehingga air yang tercemar limbah ini digunakan oleh masyarakat. Secara langsung gas yang dihasilkan oleh limbah pabrik terkonsumsi dan digunakan oleh masyarakat.
https://biologi.guruindonesia.id/2019/02/dampak-pencemaran-limbah-pabrik.html
Limbah Pabrik


B. Limbah Rumah Tangga
Limbah rumah tangga merupakan limbah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga. Jenis limbah rumah tangga sangat beragam, yaitu dapat berupa sisa-sisa sayuran (wortel, kol, bayam, selada ), sisa makanan, juga berupa kertas, kardus atau karton. Limbah rumah tangga yang berasal dari sisa obat dan aki memiliki kandungan racun yang tinggi.Jenis Dan Dampak Limbah Rumah Tangga Limbah rumah tangga yang berasal dari sampah dapur, dapat diolah menjadi pupuk organik, sehingga harus dipisahkan dengan limbah non organik.
https://biologi.guruindonesia.id/2019/02/dampak-limbah-rumah-tangga.html
Limbah Rumah Tangga

C. Limbah Industri
Limbah industri dihasilkan atau berasal dari sisa hasil produksi pabrik atau perusahaan tertentu. Limbah ini mengandung zat yang berbahaya, diantaranya asam anorganik dan senyawa organik. Zat-zat berbahaya tersebut jika masuk ke perairan, akan menimbulkan pencemaran yang dapat membahayakan makhluk hidup pengguna air tersebut, misalnya, ikan, bebek dan makhluk hidup lainnya termasuk juga manusia. Limbah banyak berasal dari :
- Pemukiman penduduk
- Tempat umum dan tempat perdagangan
- Sarana layanan masyarakat milik pemerintah 
- Industri berat dan ringan 
- Pertanian termasuk Peternakan
Limbah Industri
Untuk mendapatkan buku lengkapnya Klik disini

0 Response to "Pengertian jenis dan Karakteristik limbah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel